Sosialisasi Indeks Kualitas Kebijakan di Lingkungan Perpustakaan Nasional - 21 September 2022

Diposting oleh   master

Jakarta – Indeks Kualitas Kebijakan adalah instrumen untuk menilai kualitas kebijakan pemerintah dilihat dari proses pembuatan kebijakan dan bagaimana melakukan pengaturan agenda, formulasi, implementasi dan proses evaluasi. IKK menjadi salah satu indikator penilaian Reformasi Birokrasi (RB) terkait program/area perubahan penataan peraturan perundang-undangan/deregulasi kebijakan

 

Biro Hukum, Organisasi, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat mengadakan sosialisasi penilaian indeks kualitas kebijakan guna  mendorong penguatan partisipasi dan prinsip-prinsip tata kelola yang baik dalam proses pembuatan kebijakan publik. Sosialisasi Penilaian Indeks Kualitas Kebijakan dilaksanakan pada hari Rabu, 21 September 2022 di Ruang Teater Perpustakaan Nasional RI dengan mengundang pembicara dari Lembaga Administras Negara.

 

Rismini, Koordinator Hukum, Organisasi dan Reformasi Birokrasi menyampaikan hasil penilaian Indeks Kualitas Kebijakan di tahun 2022 Perpusnas memperoleh nilai 53,44 dengan kategori “cukup”, tentu hal ini menjadi tantangan kedepannya untuk dapat meningkatkan nilai IKK Perpustakaan Nasional.  

 

Paparan terkait indeks kualitas kebijakan disampaikan oleh Dr. Sri Wahyu Wijayanti, SE, MSE selaku Kepala Bidang Formasi dan Seleksi Lembaga Administrasi Negara, beliau menyampaikan bahwa catatan penilaian yang sering luput diperhatikan oleh K/L/D yaitu tidak adanya standar khusus untuk bukti dukung, penilaian lebih diarahkan pada relevansi dokumentasi informasi dnegan proses kebijakan serta pengelolaan tahapan – tahapan dalam pembuatan kebijakan secara teknis masih kurang didukung dengan data dan informasi yang relevan, objektif dan terukur. Paparan dilanjutkan oleh Toofik Dwi Nugroho, S.Sos selaku Penyusun Laporan Kegiatan Lembaga Administrasi Negara, beliau memberikan penjelasan terkait tugas admin instansi dan enumerator serta mempraktekkan secara langsung penggunaan Sistem Informasi Indeks Kualitas Kebijakan pada laman: ikk.lan.go.id.

 

Dari hasil penyelenggaraan sosialisasi penilaian indeks kualitas kebijakan, diharapkan seluruh unit kerja dapat memahami tugas enumerator dan alur penilaian IKK. Besar harapannya di tahun selanjutnya nilai IKK Perpustakaan Nasional dapat meningkat lebih baik lagi.

 

Penulis: Yeni Arista

Berita Terkait